Kesalahan Umum Saat Membuat daftar riwayat hidup

Kesalahan Saat Membuat daftar riwayat hidup CV

Posted on

Langkah Membuat Daftar Riwayat Hidup

– Ketika Anda akan melamar suatu pekerjaan, pastinya Anda akan membutuhkan yang namanya CV atau daftar riwayat hidup. Bukan hanya Anda harus memiliki kecerdasan serta rasa percaya diri yang kokoh, CV yang Anda bawa juga merupakan salah satu faktor yang memiliki pengaruh penting agar Anda bisa diterima bekerja di suatu perusahaan.

Kesalahan Umum Saat Membuat daftar riwayat hidup

Kredit gambar:

CV yang Anda bawa juga merupakan satu hal yang akan langsung dinilai oleh pihak perusahaan ketika Anda melamar pekerjaan. Dan pada saat itulah kesan pertama akan di nilai. Semakin baik CV yang Anda buat, maka semakin besar pula kesempatan bagi Anda untuk diterima bekerja di salah satu perusahaan yang Anda incar.

Namun, banyak diantaranya orang-orang yang justru meremehkan surat lamaran kerja serta CV. Bahkan tidak jarang orang-orang yang melakukan kesalahan dalam isi dari surat lamaran kerja yang mereka buat. Lantas, apa saja kesalahan-kesalahan yang sering di lakukan itu?

baca juga: mengenal gejala babesiosis dan penyebab nya

1. Tidak Sesuai

Tidak sedikit para pelamar kerja yang asal-asalan dalam membuat surat lamaran kerja, padahal mereka mengetahui jika posisi yang diminta tidaklah sesuai. Dan hal ini akan membuat kesempatan dalam mendapatkan pekerjaan semakin kecil. Oleh karena itu, pastikan kalau Anda membuat CV serta surat lamaran kerja yang sesuai dengan posisi yang di tawarkan oleh perusahaan.

2. Berbohong

Tidak jarang Anda berbohong pada CV yang Anda buat. Mungkin dengan ini Anda ingin terlihat sempurna di mata perekrut dan Anda berharap bisa di terima bekerja id perusahaan tersebut dengan melebih-lebihkan kemampuan yang Anda miliki. Padahal perlu Anda ketahui, kebohongan yang Anda lakukan hanya akan membuat diri Anda malu. Alangkah lebih baik lagi jika Anda mencantumkan kemampuan yang memang benar-benar Anda miliki di dalam CV. Sehingga ketika Anda mendapatkan panggilan untuk menjalankan wawancara kerja, Anda lebih percaya diri memaparkan kelebihan Anda.

3. Salah Ketik

Tidak jarang para pelamar kerja yang menganggap remeh dalam kesalahan penulisan atau salah pengetikan dalam CV atau resume yang dibuat. Mungkin jika Anda yang melakukan hal ini, Anda berpikir kalau pihak HRD atau personalia memahami maksud serta tujuan Anda. Padahal dari kesalahan yang Anda lakukan ini, pihak perekrut akan melihat jika Anda merupakan orang yang ceroboh serta menganggap remeh suatu hal. Dan pastinya kesan pertama yang ditunjukkan menjadi kurang baik.

4. Bertele-tele

Anda harus menyusun CV serta resume sebaik isinya. Anda juga harus memastikan  kalau surat lamaran kerja yang Anda buat telah terorganisir serta mudah untuk di baca. Jangan pernah Anda menggunakan font yang memiliki variasai yang ribet. Font Arial, Calibri atau Times New Roman merupakan font yang paling umum digunakan, font ini juga mudah untuk dibaca. Anda juga harus mematikan kalau tulisan dalam CV dan surat lamaran kerja Anda cukup besar, agar pihak pembaca merasa nyaman ketika membaca surat lamaran kerja Anda. Pastikan pula setiap paragraph jangan terlalu panjang dan bertele-tele, Anda harus menulis kalimat yang baik dan tidak diulang-ulang baca selengkapanya

 

Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter

One thought on “Kesalahan Saat Membuat daftar riwayat hidup CV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *