Mengenal Gejala Kelenjar Kista Bartholin dan Penyebabnya

Posted on

Apa itu Kelenjar Kista Bartholin?

Mengenal Gejala Kelenjar Kista Bartholin
Mengenal Gejala Kelenjar Kista Bartholin

Kelenjar Kista Bartholin adalah organ mungil pada masing-masing labia (bibir vagina). Jika vagina diibaratkan seperti jam, kelenjar ini akan ditemukan pada arah jam 4 dan 8. Biasanya Kelenjar Kista ini tidak terlihat dan membuat sejumlah kecil cairan yang melumasi bibir vagina. Jika lipatan kulit tumbuh di atas pembukaan salah satu kelenjar, maka cairan tersebut kembali naik. Hal inilah yang menyebabkan pembengkakan bulat disebut Kista.

Kista ini dapat tumbuh dari ukuran yang paling kecil hingga tumbuh menjadi ukuran yang lebih besar dari jeruk. Akan tetapi Anda tidak perlu terlalu khawatir juga dengan masalah ukuran ini, sebab ada juga beberapa wanita yang mengalami Kista ini dan ukurannya tidak bertambah besar dari bola golf.

Gejala Kelenjar Kista Bartholin

Anda mungkin melihat tonjolan bulat di salah satu bibir vagina Anda, di dekat lubang vagina. Ini mungkin tidak menimbulkan rasa sakit atau terasa sedikit lembut. Mungkin ukurannya tetap sama atau perlahan tumbuh menjadi lebih besar.

Kista yang terinfeksi biasanya sangat empuk. Pada kasus yang lebih parah, jalan kaki atau hubungan seksual mungkin sedikit menyakitkan. Dokter Anda akan melihat area ini untuk melihat apakah Anda benar-benar terkena Kista atau tidak dan untuk mengetahui apakah itu terinfeksi atau tidak.

Apa yang menyebabkan Kelenjar Kista Bartholin?

Dalam beberapa kasus, Kista ini dapat disebabkan oleh infeksi. Di lain waktu, mungkin juga Kista ini disebabkan oleh vagina yang terinfeksi. Dokter Anda mungkin ingin memeriksa cairan yang terdapat di dalam Kista milik Anda.

Sebagian besar kista yang terinfeksi (disebut abses) mengandung bakteri normal yang ditemukan di kulit Anda. Beberapa Kista yang terinfeksi disebabkan oleh bakteri yang ditularkan secara seksual.

Bagaimana Kelenjar Kista Bartholin Didiagnosis?

Jika Kista Kelenjar Bartholin Anda kecil, Anda mungkin tidak menyadarinya. Setelah tumbuh lebih besar atau menjadi sakit, Anda akan mulai memperhatikan gejala yang muncul. Dokter Anda akan bisa mendiagnosis kista dengan melihatnya secara langsung.

Bisakah Kista Kelenjar Bartholin Dicegah Atau Dihindari?

Tidak ada cara untuk mencegah Kelenjar Kista Bartholin terbentuk. Jika Anda berpikir Anda memiliki Kelenjar Kista Bartholin, segera beritahu dokter Anda. Dengan cara ini, Anda akan mendapatkan perawatan dini yanng lebih efektif.

baca juga:mengatasi anak susah makan

Pengobatan Kelenjar Kista Bartholin

Pengobatan tergantung pada ukuran Kista, seberapa menyakitkannya itu, dan seberapa parah infeksi yang ada. Anda dapat mengobati Kista kecil dengan cara berendam dalam beberapa inci air hangat (disebut mandi Sitz) beberapa kali sehari selama 3 atau 4 hari. Mandi Sitz ini memungkinkan kista untuk pecah dan menguras sedikit rasa sakit yang Anda rasakan.

Dalam kasus lain, dokter bisa melakukan prosedur sederhana pada Anda. Selama prosedur ini, dokter membuat sayatan dan meletakkan tabung kecil (disebut Kateter) ke dalam Kista. Kateter tetap berada di dalam vagina Anda selama 4 sampai 6 minggu untuk menguras cairan. Saat Kateter masuk, Anda bisa melanjutkan aktivitas normal Anda. Anda harus berbicara dengan dokter Anda jika Anda ingin melakukan aktivitas seksual saat kateter terpasang. Dengan demikian Dokter Anda kemudian dengan mudah menghilangkan Kateter yang terpasang.

Prosedur lain yang juga bisa dilakukan oleh Dokter adalah dengan cara membuat potongan kecil Kista kemudian menguras cairan. Setelah cairan terkuras, Dokter akan menempatkan jahitan di tepi Kista untuk menutup lubang kecil yang terbentuk. Prosedur ini disebut Marsupialization readmore .

Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter

One thought on “Mengenal Gejala Kelenjar Kista Bartholin dan Penyebabnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *